Mahasiswa Petra ciptakan teh antioksidan dari kulit manggis

lima mahasiswa universitas kristen petra (ukp) surabaya mewujudkan teh dari kecantikan manggis yang mereka sebut dant tea melalui manfaat dibuat antioksidan dan bisa mencegah kanker, kolesterol, diabetes, serta proses penuaan.

saya semula sesungguhnya tidak mengenal buah manggis. saya sering minum teh pada restoran pinggir jalan dan umumnya manis juga berpengawet, sebab tersebut ada jumlah diabetes pada usia muda, kata anggota tim mahasiswa ukp, anthomi wibisono limanto, pada kampus setempat, kamis.

ditemui saat mengikuti petra green bazaar untuk memeriahkan open house ukp dengan tema petra parade 2013, ia menceritakan ide supaya menciptakan minuman dan mengedukasi penduduk tersebut akhirnya mampu terwujud ketika ada lomba daripada bank mandiri.

lomba `business plan` tersebut digelar bank mandiri selama oktober 2012, kemarin aku mengajak empat rekan untuk mengimplementasikan ide minuman yang mengedukasi warga hingga akhirnya maju menciptakan teh dari kulit manggis, ujarnya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa fe ukp tersebut menjelaskan teh daripada kecantikan manggis terbuat dalam empat rasa, yakni original (murni manggis) dan tiga rasa campuran (manggis dicampur stroberi, anggur, serta buah naga) dengan takaran 1:2 (Satu liter rasa campuran dengan dua liter teh manggis).

didampingi empat rekannya yaitu handry s (fe), randy (fe), rendy (fe), dan audrey angelina (fsd/fakultas seni desain), ia menyampaikan dana penerapan dalam setahun melalui bimbingan dosen ukp tersebut bertujuan agar menjadikan wirausaha muda supaya bisa eksis.

kami bekerja sama dengan manggis karena buah itu bersifat antioksidan dan cukup baik agar kesehatan. sebab itu kami mencantumkan motto `fresh and fun`. malahan tiga rasa campurannya dan bersifat antioksidan, ujarnya.

tentang langkah membuatnya, ia menungkapkan buah manggis diambil kulit bagian dalam yang berwarna merah, kemarin dikeringkan serta dimasukkan ke di air mendidih melalui suhu ideal 80-100 derajat celsius.

dalam masa 10-15 menit, air mendidih tersebut adalah teh, kemarin didinginkan di setengah hari, dengan begini teh daripada kulit manggis yang original pun maka. untuk rasa campuran, buah stoberi, anggur, serta buah naga dipotong pada perhatian kecil, ujarnya.

untuk anggur, katanya, perlu dibuang biji-nya terlebih dulu tapi kulitnya dibiarkan, lalu buah naga tanpa kulit, serta stroberi tidak dipilah-pilah kecantikan ataupun biji-nya. ketiga buah agar rasa campuran tersebut dipotong di perhatian kecil, lalu diblender.

takaran manggis juga buah campuran di jumlah 400 gram tersebut dimasuki air sebanyak 5-10 liter. cara penyajiannya dan bisa panas (tanpa gula), standar (melalui gula batu), dan dingin (dengan gula manis), ujarnya.