Jordan benarkan 35.000 pengungsi kembali ke Suriah

ada 35.000 pihak pengungsi suriah tinggal dari kamp al-za`tari di amman ke tanah air mereka sejak awal krisis untuk menghindari kondisi buruk mereka menderita selama kamp.

juru bicara urusan pengungsi suriah selama jordania, anmar al-hamoud, menegaskan pada afp kiranya kasus pengungsi suriah yang tinggal ke negara mereka dengan sukarela sejak awal krisis mencapai 34,824 pihak.

ia menambahkan bahwa pemerintah jordania memastikan kamis tentang kembalinya 2500 pengungsi daripada kamp al-za`tari ke suriah atas permintaan mereka sendiri.

puluhan pengungsi suriah kembali ke suriah pada pilihan bulan terakhir, karena kondisi kehidupan dan besar selama kamp dan kurangnya pelayanan kemanusiaan dan medis, penculikan aksi, perampokan dan kebakaran.

Informasi Lainnya:

kantor berita afp sebelumnya, hampir 35.000 pengungsi suriah telah pulang daripada jordania sejak konflik selama negara mereka pecah pada maret 2011, tetapi persentasi dan lebih besar malahan masuk selama eksodus bulan 2012 saja, papar seorang juru bicara pemerintah, jumat.

sebanyak 34.824 pengungsi suriah telah kembali ke negara mereka dari awal krisis, papar juru bicara pendataan pengungsi, anmar al-hammud.

dia menyampaikan kurang lebih 2.500 dari mereka telah kembali atas permintaan sendiri daripada kamp pengungsi zaatari selama jordania utara dalam kamis melalui santunan jasa keamanan jordania.

jordania menyampaikan pihaknya menampung lebih dari 475 ribu pengungsi dari suriah, termasuk lebih daripada 146 ribu pengungsi di zaatari, sebuah kamp perbatasan dan penghuninya sudah menggarap pilihan penampilan protes atas kondisi kehidupan dan besar.

lebih dari 41 ribu pengungsi suriah memasuki jordania di bulan maret saja, tutur hammud. ia menambahkan kiranya kerajaan tersebut takut persentasi pengungsi ingin melonjak menjadi 700 ribu pada akhir tahun ini.

sebanyak 1,2 juta warga suriah sudah melarikan diri ke negara-negara tetangga dalam dua tahun terakhir, papar komisariat tinggi pbb agar pengungsi, itulah oana.