Cilacap diguyur hujan lebat disertai angin kencang

sejumlah wilayah di kabupaten cilacap, jawa tengah, selasa malam, diguyur hujan lebat didampingi angin kencang.

dari pantauan antara pada desa kalikudi, kecamatan adipala, cilacap, hujan mulai mengguyur wilayah ini dari jam 20.45 wib.

selang pilihan menit kemudian, angin mulai bertiup melalui kencang yang didampingi petir.

bahkan, pemadaman listrik pun terjadi di desa ini dari pukul 21.00 wib.

akibatnya, kaum pedagang dan biasa jualan dalam malam hari segera mengemas dagangannya.

Informasi Lainnya:

demikian pula dengan pedagang tiban dan memasarkan selama kurang lebih rumah warga dan sedang hajatan.

salah betul pedagang mi ayam, kasdi menyatakan langsung menutup warungnya ketika listrik padam.

selain sebab gelap, anginnya bertiup dengan kencang daripada arah barat daya dan selatan. bahkan, petir pun berkilatan, makanya saya pilih menutup warung daripada berisiko, katanya.

saat dikontak dengan saluran telepon, prakirawan iklim stasiun meteorologi cilacap, teguh wardoyo memprakirakan hujan lebat dan disertai angin kencang ini terjadi akibat pengaruh daerah pusat tekanan rendah dan semula berada di samudra hindia barat daya sumatra.

daerah pusat tekanan rendah tersebut, papar dia, bergerak mendekati pulau jawa atau berada selama samudra hindia barat daya jawa.

kendati itulah, dia belum mampu memastikan apakah daerah pusat tekanan rendah itu menguat juga berpotensi menjadi badai.

tadi sore, aku pilih dari hasil pencitraan satelit, tekanan udara selama pusat `low pressure` (daerah pusat tekanan rendah, red.) tersebut baru 1.002 milibar, katanya.

ia menyampaikan kemungkinan hujan dan ditemani angin kencang ini cuma terjadi dalam wilayah pesisir selatan cilacap.

kemungkinan pada cilacap bagian utara tidak terjadi hujan lebat sebab sampai saat ini (jam 22.00 wib, red.) belum ada peringatan dini hujan lebat dari alat yang diterbitkan di karangpucung, ujarnya.

sementara itu, kepala pelaksana harian badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) cilacap wasi ariyadi menyatakan, pihaknya belum menerima catatan tentang kemungkinan keberadaan bencana dan disebabkan hujan ditemani angin kencang ini.

semoga kondisinya tetap tidak berbahaya. namun kami imbau masyarakat tetap tenang serta jangan sembarangan, ujarnya.

informasi dan dihimpun antara, hujan lebat didampingi angin kencang ini tidak hanya melanda kecamatan adipala, ternyata dan kroya, cilacap sedang, cilacap selatan, serta wilayah yang lain selama pesisir selatan cilacap.